Minggu, 06 Januari 2013

Konfigurasi Notepad++ Autocomplete & Plugins

,
Beberapa hari yang lalu saya secara iseng-iseng mencoba-coba mengtaur konfigurasi dari notepad ++ ini dan saya menemukan berapa fitur yang sungguh menarik saat digunakan dalam menuliskan script-script tertentu, yaitu fitur autocopltete dan ditambah dengan plugins light explorer yang berfungsi mempermudah dalam pencarian file. Sebelum berlanjut ke langkah-langkah konfigurai autocomplete terlebih dahulu install dahulu notepad++nya, kalo belum ada master installernya bisa di download di Notepad++, setelah berhasil didownload mari kita instal notepad++. Langkah-langkahnya seperti isntal biasa ko.. he he. 
Yuk lanjut dengan setting autocomplete,
1. Jalankan notepad++
2. Masuk ke menu Setting - Preferences. akan muncul seperti dibawah ini.

3. Checklist pada checkbox Enable auto-copletion on each input (seperti pada gambara diatas yang di tandai dengan box warna hijau).
4. Klik close.
5. untuk mengaktifkan fitur autocomplete harus ditentukan dulu bahasa pemrogramman apa yang akan diapakai dengan cara masuk ke menu language lalu pilih bahasa pemrogramman apa yang akan dipakai.
6. contoh hasilnya seperti berikut.


selanjutnya tentang plugins lightexplorer.
1. masuk ke menu plugins - plugins manager - show plugins manager.
2. masuk ke tab available, cari light explorer lalu checklist pada checkboxnya. seperti gambar dibawah ini.
3. jika sudah maka klik istall, tunggu prosesnya selesai.
4. ketika sudah selesai maka notepad++ anda akan direstart.
5. untuk mengaktifkan plugins light explorer masuk ke menu plugins - light explorer - klik light explorer, atau dapat menggunkan shotcut Alt+A.
6. hasilnya seperti berikut.

Saya sekedar berbagi pengalaman, semoga bermanfaat.
Salam Hangat.



5 komentar: